Di era yang serba digital ini, bank sebagai jantung perekonomian yang terus berkembang dengan berbagai fasilitas mumpuni dengan konsep digital bank. Tidak hanya berbagai kemudahan transaksi yang bisa kamu nikmati, bahkan kamu juga bisa buka rekening online.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang menghambat aktivitas manusia di berbagai negara. Selain kemudian kamu bisa tetap di rumah dan menjaga kesehatan, kamu telah menghemat banyak waktu dan tenaga dengan membuka rekening tabungan secara online.

Di era digital ini memang semua jadi serba mudah. Akan tetapi, jika tidak cermat kamu bisa hidup boros karena  terlalu mudah mengeluarkan uang.

Tidak perlu khawatir, kenali strategi keuangan yang tepat agar kamu bisa tetap hemat ditambah lagi ada keuntungan dari bunga tabungan yang kamu miliki.

Tips Mengatur Keuangan di Era Digital

1. Tidak Mengisi Saldo Dompet Digital Berlebihan

Belanja semakin mudah dengan adanya berbagai platform e-wallet. Tentu saja kamu boleh menggunakannya karena efisiensi yang bisa diperoleh. Meski begitu, sebaiknya jangan menaruh uang di dompet digital dengan nominal yang terlalu besar demi menekan hasrat berbelanja.

Akan lebih hemat jika sebelumnya kamu telah mengatur keuangan kamu secara persentase. Tidak ada salahnya jika kamu sudah menentukan anggaran bulanan untuk uang saku, bayar cicilan, belanja kebutuhan, dana transportasi harian dan jangan lupa untuk menabung.

2. Gunakan Kartu Kredit Sewajarnya

Kartu kredit juga bukanlah dosa keuangan lho! Kamu cukup menggunakan sewajarnya agar tidak kelewat batas dan justru kesulitan membayar cicilannya. Bagaimana caranya?

Gunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan mendesak dan membeli barang yang nilainya lumayan besar. Jangan gunakan kartu kredit hanya untuk makan sehari-hari.

Kartu kredit ideal kamu gunakan jika kamu butuh handphone baru untuk aktivitas sehari-hari atau saat kamu melakukan traveling untuk membayar penginapan. Selain menghemat, menggunakan kartu kredit dengan nominal transaksi yang lumayan besar biasanya kamu juga akan memperoleh diskon atau cashback.

3. Coba Metode 50/30/20

Metode keuangan yang satu ini dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi. Metode ini mengajarkan kita untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan, dan memprediksi kemungkinan pengeluaran yang akan datang.

Dalam buku berjudul All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, mereka mengenalkan aturan dasar keuangan dengan membagi pendapatan setelah pajak dan mengalokasikannya untuk keperluan belanja kebutuhan sebesar 50%, mengapresiasi diri dengan menuruti keinginan sebanyak 30%, dan menyisihkan sebanyak 20 persen dari pendapatan kamu untuk tabungan.

4. Lakukan Financial Check-up secara Rutin

Tips berikutnya tak kalah penting, yakni mencari kesalahan perilaku keuangan dengan melakukan financial check-up secara rutin. Financial check-up adalah tes kondisi keuangan yang akan menjadi langkah awal dalam pengelolaan finansial yang sehat.

Dengan financial check-up secara rutin, kamu dapat mengetahui kondisi keuangan yang sebenarnya. Selain itu, kamu juga akan tahu masalah apa saja yang dapat terjadi terhadap kondisi keuangan kamu. Sehingga, kamu lebih terarah dalam mengambil langkah yang tepat guna melakukan perbaikan terhadap kondisi finansial di hari-hari berikutnya.

Metode ini bisa kamu lakukan secara periodik. Bisa setiap bulan, setiap enam bulan sekali, atau juga boleh setahun sekali. Periksalah hal-hal seperti total aset yang kamu miliki. Lalu tengok juga total utang atau kewajiban yang wajib kamu bayarkan.

Selanjutnya perhatikan pendapatan serta pengeluaran dan total tabungan yang kamu miliki. Kamu bisa memperoleh banyak manfaat dari cara ini. Keuangan yang sehat juga berpengaruh pada kondisi kesehatan mental. Kamu bisa lebih hemat karena emosi lebih stabil dan tidak impulsif dalam melakukan pengeluaran.

Cara Buka Rekening Online

Berikut tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan untuk buka rekening online:

  • Download Aplikasi digibank by DBS di Google Play atau AppStore lainnya
  • Tekan tombol pilihan BUKA REKENING
  • Isi informasi lengkap tentang kamu pada kolom yang sudah disediakan
  • Buatlah username dan password untuk login digibank by DBS. Jangan gunakan tanggal lahir ya! Rahasiakan sebaik mungkin username dan password agar keamanan terjamin.
  • Jawab pertanyaan-pertanyaan untuk pembuatan rekening baru
  • Saatnya verifikasi. Apabila kamu berada di wilayah Jabodetabek, jangan lupa untuk menjadwalkan waktu bertemu dengan agen kami untuk melakukan proses verifikasi biometric. Sedangkan, bagi kamu yang berada di wilayah Bandung dan Surabaya, cukup kunjungi coffee shop untuk proses verifikasi.
  • Hemat biaya dan waktu, melalui layanan ini kamu hanya perlu verifikasi menggunakan E-KTP dan sidik jari
  • Rekening digibank by DBS kamu siap digunakan.

Setelah rekening tabungan mulai aktif, kamu akan memperoleh berbagai fasilitas lainnya dari digibank by DBS. Pernah terpikir berapa total uang yang bisa terkumpul dari biaya admin yang kamu bayarkan setiap melakukan transfer uang ke beda bank?

Melalui aplikasi investasi terbaik ini, transfer uang kemanapun tidak akan dikenai beban biaya alias gratis. Dengan catatan, rata-rata saldo digibank kamu minimal hanya Rp 1 juta. Bagaimana menarik bukan? Sekarang, kamu bisa segera buka rekening online yang super mudah ini.