Cara Menyimpan Cabe Agar Tahan Hingga Bulanan

 

Cabai merupakan bumbu dasar yang bisa digunakan untuk banyak masakan. Anda bisa memilih jenis cabe yang beragam tergantung dari rasa pedas yang ingin dihasilkan masakan tersebut. Di pasaran sendiri paling umum menggunakan jenis cabai merah besar, cabai rawit, cabai keriting, cabai hijau, dan juga cabai paprika untuk salad. Apabila membeli cabai biasa seperti cabai rawit bisa mendapatkan jumlah yang banyak karena harganya murah. Bagi yang biasa memasak di rumah, tentunya jumlah cabai banyak tersebut akan cepat habis sehingga tidak akan layu. Tetapi bagi yang jarang memasak, Anda bisa menyimpannya agar tetap bisa memanfaatkan cabe segar ketika dibutuhkan untuk memasak. Beberapa cara penyimpanan cabai yang bisa diikuti seperti berikut ini.

Lepas Tangkai Cabai

Cara menyimpan cabe segar lebih lama adalah dengan melepas tangkainya terlebih dahulu sebelum disimpan. Lepaskan semua tangkai cabai satu persatu-satu dan masih dalam keadaan segar belum kering. Akan tetapi juga pastikan untuk menyimpan cabai yang baik dan tidak ada cacat atau bonyok, sehingga membuatnya lebih lama. Pisahkan cabai yang bagus dan sudah setengah atau yang lembek sudah pucuk. Sedangkan ketika yang busuk hanya ujungnya saja bisa untuk diiris dengan pisau pada bagian yang busuk. Apabila cabe yang sudah busuk tersebut dicampur dalam satu wadah akan membuat cabai lainnya juga cepat busuk.

Jangan Cuci Cabai

Hal selanjutnya yang bisa digunakan untuk menyimpan cabe agar tahan lama adalah dengan tidak mencucinya. Banyak sayuran dan buah-buahan termasuk juga cabe sebaiknya jangan dicuci terlebih dahulu sebelum akan disimpan. Setelah membelinya cukup tangkai cabai saja dan tidak perlu mencucinya hingga bersih. Karena justru hal tersebut yang membuat penyimpanan tidak dapat bertahan lama. Cabe yang lembab akan lebih mudah busuk, sehingga lebih baik menyimpan cabe segar dalam keadaan kering. Anda cukup mencuci cabai ketika akan digunakan saja untuk bumbu masakan.

Gunakan Wadah Tertutup

Tips menyimpan cabai hingga berbulan-bulan adalah dengan menyimpannya dengan tepat. Simpan cabai di dalam wadah tertutup seperti plastik maupun kaca. Letakkan di dalamnya cabai kering yang sudah dicabuti batangnya tentunya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan lembar tisu di bagian wadahnya terlebih dahulu sebagai alas penyimpanan. Pastikan juga masih memberikan ruang penyimpanan di dalam wadah tersebut sehingga membuat cabai bisa bernapas, sehingga hindari untuk menyimpan cabai dalam kondisi penuh dan sesak dalam satu wadah.

Simpan di Lemari Es

Tips menyimpan cabe terakhir agar tahan lebih lama adalah dengan menyimpannya di lemari es. Setelah dimasukkan ke dalam toples tertutup, Anda bisa menyimpannya di lemari es tetapi tidak perlu di bagian freezer. Pastikan juga tutup wadahnya sudah rapat dan bisa disatukan dengan penyimpanan sayur dan buah lainnya di dalam lemari es. Jangan lupa untuk ganti tisu alas tempat cabai sehingga dapat mengurangi proses pembusukan cabe yang disimpan.

Dengan menerapkan empat cara mudah di atas, maka Anda bisa menyimpan dan membuat cabe segar lebih lama. Hal ini akan sangat membantu agar tidak perlu membeli cabe secara sering terutama apabila harga cabe sedang mahal di pasaran. Bagi yang ingin membeli cabe, Anda bisa memilih tempat yang menawarkan harga bersaing seperti dari TaniHub. Toko online ini menawarkan beragam jenis cabe dan cocok untuk tempat pembelian cabe dengan harga lebih terjangkau karena banyaknya promo yang ditawarkan.

  • Related Posts

    Panduan Membuat Kue Brownies yang Lezat dan Mudah

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Hello Sobat Blogriview! Siapa yang tidak suka dengan kue brownies? Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi favorit banyak orang. Bahkan, brownies juga sering dijadikan…

    Tips Memilih Rumah Kontrakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan

    Jagakarsa adalah sebuah kawasan di Jakarta Selatan sangjurnalis.my.id yang dekat dengan beberapa fasilitas umum di ibukota Jakarta. Tidak heran jika banyak sekali orang yang hendak menyewa rumah di daerah ini…

    You Missed

    Vivobook S 14 OLED: Laptop ASUS AI Paling Ringkas dan Tangguh

    • By Maman
    • June 27, 2024
    • 27 views

    Bagaimana Cara Membasmi Rayap

    • By Maman
    • April 1, 2024
    • 16 views
    Bagaimana Cara Membasmi Rayap

    Perbandingan Harga Bondek Untuk Mendapatkan Yang Murah

    • By Maman
    • March 25, 2024
    • 16 views
    Perbandingan Harga Bondek Untuk Mendapatkan Yang Murah

    Penggunaan Tanda Tangan PDF dan Cara Praktis Membuatnya

    • By Maman
    • March 7, 2024
    • 15 views
    Penggunaan Tanda Tangan PDF dan Cara Praktis Membuatnya

    ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Premium dengan Kecerdasan Buatan Terbaru

    • By Maman
    • February 4, 2024
    • 15 views

    PetroSync Training : Meningkatkan Keandalan Peralatan dengan API 580 Inspeksi Berbasis Resiko

    • By Maman
    • December 6, 2023
    • 14 views
    PetroSync Training : Meningkatkan Keandalan Peralatan dengan API 580 Inspeksi Berbasis Resiko