Jika Anda Punya Baju Baru, Jangan Lupa Baca Doa Berikut

Rasulullah mengajarkan doa saat mengenakan baju baru atau baju lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Islam mengajarkan umatnya untuk berdoa dalam setiap perkara yang akan dikerjakannya. Termasuk ketika hendak menggunakan pakaian. Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu As Sunni menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila mengenakan pakaian gamis, selendang, atau sorban makan akan berdoa :

‏اللَّهُمَّ إني أسألُكَ منْ خَيْرِهِ وَخَيْر ما هُوَلَهُ، وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّهِ وَشَرّ ما هُوَ لَه‏

Allahumma inny asaluka min khoirihi wa khoiri ma huwa lahu, waaudzubika min syarrihi wa s syari mas huwa lahu

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan pada-Mu akan kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang berkaitan dengannya, aku berlindung kepadamu dari kejahatannya dan kejahatan yang diakibatkannya.

Selain doa di atas terdapat doa lainnya yang juga berasal dari hadits riwayat Ibnu As Sunni, berikut doanya :

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي ولا قوةٍ

Alhamdu lillahi lladzi kasaniy haadzaa wa rozaqoniyhi min ghoiyri haulin minni walaa quwwatin

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberikan pakaian ini kepadaku, dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya pada diriku.

Dalam lanjutan hadis melalui jalur Muad bin Anas ini disebutkan bahwa yang membaca doa tersebut akan diampuni dosanya yang terdahulu oleh Allah.

Keterangan ini juga dapat ditemukan dalam kitab Al Adzkar karya Syekh Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An Nawawi atau Imam Nawawi.

Dijelaskan pula tentang doa mengenakan pakaian baru sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, Abu Dawud dan Nasai yang menjelaskan bahwa ketika Rasulullah mengenakan pakaian yang baru seperti gamis, serban dan selendang, maka Rasullulah berdoa;

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allahumma lakal hamdu, anta kasautaniyhi asaluka khorirohu wa khoiro mas shuni’a lahu wa a’uudzubika min syarrihi wa syari mas shuni’a lahu

Artinya: Ya Allah, kepunyaamu segala puji, Engkau pakaikan (pakaian) ini kepadaku, aku memohon kepada-Mu akan kebaikannya, dan kebaikan sesuatu yang dijadikan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang terjadi karenanya.