Artikel oleh : Randy

Apa itu Batik?

“Tak kenal maka tak sayang”. Sudah sering mendengar peribahasa itu, kan? Nah, sebelum kita masuk lebih detil untuk mengenal model dan mempelajari ideas membeli baju batik, kita perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja 3 jenis batik yang ada.

1. Batik Tulis

Batik tulis adalah jenis kain batik tertua yang ada di Indonesia. Batik ini menggunakan teknik tulis menggunakan alat canting yang didalamnya berisi malam panas. Malam adalah zat kimia berupa lilin yang dipanaskan terus menerus selama proses penulisan batik agar tetap cair. Batik jenis ini memakan waktu yang lama dalam proses pembuatannya. Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan kain batik tulis yang indah dan berkualitas tinggi sekitar 2 sampai 3 bulan. Lama sekali, ya! Sebelum dapat dijadikan kain batik sebagai bahan dasar pembuatan pakaian, kain batik tulis ini harus melalui beberapa proses yaitu pembuatan desain dasar yang di sebut molani, mencanting atau melukis pola desain tersebut dengan menggunakan canting yang telah berisi malam, memberi warna pada bagian yang tidak ditempeli oleh malam, menghilangkan sisa-sisa malam yang menempel, lalu penjemuran. Batik tulis memerlukan kemampuan seni dari pembuatnya. Ciri khas batik jenis ini adalah kayanya desain dan pola yang terjalin dengan rapi karena didesain secara handbook mengandalkan jiwa seni pembuatnya. Ini juga menjadi salah satu alasan ukuran pola desain yang berbeda-beda pada beberapa bagian.

2. Batik Cap

Batik cap adalah kain batik yang melalui proses cap untuk membuat pola desainnya. Batik jenis ini dikerjakan secara guide dengan alat cap yang telah memiliki motif-motif batik. Cap ini biasanya terbuat dari tembaga yang kemudian dicelupkan ke dalam malam panas, lalu di cap pada kain. Pembuatan batik cap tidak terlalu banyak mengandalkan kemampuan seni pembuatnya. Proses pembuatan batik cap jauh lebih cepat ketimbang batik tulis. Seluruh proses pembuatan hanya memakan waktu sekitar 2 sampai 3 hari. Ciri khas kain batik cap adalah pola desainnya yang rapi dan memiliki ukuran yang persis sama ditiap bagiannya.

3. Batik Sablon / Cetak

Batik sablon atau cetak adalah jenis batik modern yang seluruh pengerjaannya menggunakan mesin. Batik jenis ini merupakan batik yang diproduksi secara masal dalam waktu yang relatif cepat untuk memenuhi permintaan pasar. Berbeda dengan dua jenis batik sebelumnya, batik sablon tidak menggunakan proses tulis ataupun cap dengan bahan dasar malam. Karena itulah kualitas batik jenis ini agak kurang baik dan warnanya lebih cepat luntur. Ciri-ciri batik sablon antara lain adalah pewarnaan dan desain yang hanya ada pada satu sisi saja, menjadikan sisi dalamnya polos tanpa pola. Selain itu, batik jenis ini juga tidak memerlukan kemampuan seni pembuatnya, karena pola desain yang dibuat adalah hasil copy dari desain batik tradisional. Motif Batik

Walau banyak macam dan jenisnya, batik ternyata hanya terbagi dalam dua jenis motif atau pola desain, loh! Apa saja motif-motif tersebut?

1. Motif Klasik

Motif klasik adalah pola desain batik yang telah ada selama berabad-abad. Pola desain ini merupakan pola desain kuno yang tetap dilestarikan hingga saat ini. Pola-pola batik kuno dibuat dengan menanamkan nilai-nilai filosofi, seni dan tradisi dari tempat asal pembuatnya. Motif klasik memberikan identitas pada batik itu sendiri agar mudah dikenali. Batik dengan motif klasik mengedepankan keindahan.

2. Motif Pesisir

Motif pesisir adalah pola desain batik trendy yang tidak menganut pola desain kuno. Batik dengan motif pesisir biasanya memiliki pola desain yang bebas, mandiri dan memiliki keunikan masing-masing tergantung suasana hati pembuatnya. Motif batik pesisir masuk dalam kategori kontemporer yang berganti-ganti mengikuti perkembangan waktu dan budaya. Baju batik fashionable kebanyakan menggunakan motif pesisir dalam desain-desainnya. Model dan Desain Batik untuk Pria

Batik memang seni tradisional, namun bila di desain dengan gaya kekinian, dapat menjadi sebuah produk fashion yang tidak kalah kerennya dengan produk-produk trend dari luar negeri. Percaya tidak kalau beberapa desainer kondang di luar negeri sana juga beberapa kali menggunakan kain batik dalam beberapa desain rancangan pakaian mereka? Bangga, dong lihat bule-bule pakai batik! Model dan desain batik untuk pria juga bermacam-macam. Kita kan juga tidak mau kalah dengan para wanita, ya, hehe. Ini dia beberapa mannequin batik pria yang sedang happening!

Kemeja Batik Lengan Pendek

Nah, kemeja batik lengan pendek ini yang paling sering kita temui. Batik lengan pendek memang cocok dipakai untuk hampir segala tempat, acara dan keperluan. Batik ini dapat dipakai untuk suasana santai sekaligus pada acara-acara semi-formal. Selain itu, batik mannequin ini juga bisa membuat pemakainya tampil gaya dan keren, karena bisa dipadukan dengan celana bahan dan sepatu pantofel, tapi tetep oke juga bila dipasangkan dengan celana jeans dan sepatu kets. Kemeja batik tersedia dalam beberapa macam motif dan jenis mulai dari yang tulis, cap sampai sablon. Kemeja Batik Lengan Panjang

Kalau yang satu ini lebih banyak dipakai untuk acara-acara formal. Biasanya pengguna kemeja batik lengan panjang memakai batik mannequin ini untuk menghadiri acara pernikahan, acara-acara kantor dan occasion-occasion resmi lainnya. Menurut hail survey, pria yang memakai baju batik lengan panjang, tingkat kegantengannya naik 100 persen, loh! Tidak percaya? Coba saja pakai dan buktikan sendiri. Sama seperti kemeja batik lengan pendek, model lengan panjang ini juga memiliki motif mulai dari tulis, cap dan sablon, dan baik kemeja batik lengan pendek maupun lengan panjang, keduanya sama-sama cocok dijadikan sebagai baju batik kerja harian. Untuk mannequin kemeja batik kombinasi, sesuai namanya, merupakan pengabungan dari bahan batik dengan bahan lainnya. Jadi intinya, batik mannequin ini tidak sepenuhnya berbahan dasar batik, tapi digabungkan dengan bahan kain non-batik polos seperti katun, sutra dan lain-lain. Walau Priceza tidak terlalu tahu kenapa, kami curiga ini ada hubungannya dengan perkembangan trend masa kini. Bocoran, nih, pria juga bisa jadi target produk-produk trend juga, loh. Kemeja batik kombinasi ini tersedia dalam mannequin lengan pendek dan lengan panjang. Kalau menurut kamu memakai kemeja batik terlalu formal, atau membuat gerah, ini sepertinya cocok, nih, t-shirt batik! Sekarang ini banyak sekali model-model t-shirt yang memakai desain dan motif batik, walaupun hanya sekedar tempelan. T-shirt batik pada dasarnya sama saja dengan t-shirt kebanyakan, yang membedakan ya motif sablonan batiknya. Bahan kaus yang adem membuat pemakainya merasa sejuk. Ini, nih yang cocok dengan gaya pria kekinian! Apalagi kalau dipasangkan dengan celana jeans, sepatu kets dan jaket, dijamin kamu akan makin terlihat keren! Berhubung diatas menyinggung tentang jaket, ternyata jaket berbahan batik juga ada, loh. Jaket batik cukup populer di Indonesia dan model-modelnya juga bervariasi. Ragam jaket batik yang banyak ditemukan saat ini antara lain jaket santai, jaket baseball, jumper, hoodie dan sweater. Pasti bangga, dong, kalau tampil modis memakai jaket batik. Jakarta panas? Tidak masalah asalkan tetap bisa tampil keren di depan sahabat-sahabatmu! Untuk yang ingin menghadiri acara semi-formal atau formal, blazer batik cocok sekali. Ketimbang memakai blazer biasa, kamu akan jadi pusat perhatian dengan tampil beda mengenakan blazer batik. Kamu bisa mix and match gayamu sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Memakai t-shirt atau kemeja didalamnya? Tidak masalah! Blazer batik akan tetap membuat penampilanmu terlihat formal. Bukan hanya pakaian trend, busana muslim pria, atau biasa disebut baju koko, juga kini mulai dihiasi dengan ornamen-ornamen batik. Berbagai macam desain baju koko yang dilengkapi dengan sebagian ornamen batik cukup laku di Indonesia. Karena selain desainnya yang bagus, juga karena motif dan pola batik sangat cocok bila dipadukan dengan warna-warna polos yang biasa dipakai untuk mannequin-model busana muslim pria.
Produk-Produk Batik Lainnya

Batik tidak semuanya harus berupa pakaian, kini telah ada berbagai macam produk yang menggunakan bahan dasar batik. Produk-produk ini tidak seperti yang kamu bayangkan, mahal dan lain sebagainya, malah, produk-produk ini pasti sangat kamu kenal dan mudah didapatkan, karena tersedia disekitarmu. Contoh produk-produk berbahan dasar batik selain pakaian yang sering ditemui antara lain: cangkir batik, sepatu batik, tas ransel batik, jam tangan batik, topi batik, sandal batik dan berbagai macam produk lain. Tips Memilih Pakaian Batik Pria

Banyaknya macam, mannequin dan jenis baju batik pria tentu membuat pilihan menjadi lebih bervariasi sekaligus membingungkan. Nah, agar tidak bingung ketika akan membeli baju batik, berikut ada beberapa ideas yang mudah-mudahan dapat membantu kamu sebelum memutuskan untuk membeli.

1. Pilih Bahan yang Sesuai

Sama seperti memilih pakaian pada umumnya, bahan menjadi hal penting pertama yang harus diperhatikan. Baju batik saat ini menggunakan bermacam-macam bahan dasar kain seperti katun, sutra, satin, serat kayu, serat nanas, katun dobi, katun viscose, krep, sandwash, sampai bahan rajutan. Bahan yang tidak cocok dengan kulit dapat mengakibatkan gatal-gatal dan iritasi, jadi penting sekali untuk mengetahui jenis bahan apa yang baik untuk kulitmu. Pakaian batik berbahan katun dan satin biasanya cocok dengan hampir semua jenis kulit. Bahan ini juga cukup sejuk ketika dipakai.

2. Sesuaikan Pemakaian

Model baju batik yang bervariasi dapat dipakai untuk berbagai macam acara formal dan non-formal. Bila kamu akan memakai baju batik tersebut untuk menghadiri acara-acara formal seperti pernikahan, makan malam dengan klien, wisuda dan lain sebagainya, pilihlah baju batik berlengan panjang. tapi kalau untuk dipakai pada acara-acara non formal atau kumpul-kumpul bersama keluarga dan sahabat, pilih, deh, baju batik berlengan pendek.

3. Pilih Motif dan Warna yang Sesuai

Setelah selesai menentukan kemana baju batik yang ingin kamu beli akan dipakai, kini tiba pada bagian yang cukup sulit, yaitu memilih motif. Baju batik dengan motif yang kamu suka belum tentu yang paling baik. Usahakan untuk tidak memilih baju batik dengan motif dan warna yang terlalu ramai. Untuk acara-acara formal, dianjurkan untuk memilih batik dengan motif satu atau dua warna. Warna yang dipilih pun jangan yang terlalu mencolok, pilihlah warna-warna tua yang agak gelap. Batik dengan motif dan warna ini akan membuat pemakainya tampil elegan dan berkelas. Sebaliknya, ketika memilih motif batik yang akan dipakai untuk santai, warna yang agak cerah dengan beragam motif akan membantu menyegarkan suasana saat berkumpul bersama keluarga atau sahabat. Satu hal lagi, berdasarkan anjuran dari perancang busana Indonesia yang tidak perlu kami sebutkan disini namanya, batik dengan motif pola desain besar bisa membuat pemakainya terlihat gagah dan berwibawa, loh! Tidak percaya? Dicoba dulu, dong, untuk membuktikan.

four. Perhatikan Ukurannya

Baju batik biasanya memiliki standar ukuran sendiri yang beda dengan jenis pakaian lain. Contoh saja, kadang batik berukuran L memiliki ukuran yang hampir sama dengan pakaian normal yang berukuran M. masing-masing pembuat baju batik biasanya menggunakan metode masing-masing dalam menentukan ukuran, sehingga ini perlu kamu perhatikan dengan baik. Kalau perlu, coba dulu batik yang akan kamu beli, apakah sudah pas ukurannya atau belum. Tapi, cara ini tidak bisa dipakai bila kamu membeli batik melalui toko online. Cara yang paling baik adalah menanyakan dengan detil ukuran lingkar dada, punggung, pundak dan lainnya kepada si penjual.

5. Kenali Warna Kulitmu

Nah, yang terakhir ini tidak ada maksud apa-apa. Kami hanya ingin baju batik yang kamu beli sesuai dan cocok dengan warna kulitmu. Untuk kamu yang memiliki kulit putih, tentu tidak terlalu banyak masalah dalam memilih baju batik. Tapi, untuk kamu yang berkulit agak gelap, ini dia yang agak sulit. Pastikan kamu tidak memilih warna baju batik yang terlalu mencolok. Pilihlah warna-warna tua dan agak gelap. Dijamin kamu akan terlihat semakin ganteng!

6. Tentukan Anggaran

Akhirnya! yang terakhir adalah menentukan anggaran atau budget. Ini penting sekali, karena baju batik yang kamu inginkan belum tentu masuk dalam anggaran kamu, sehingga kamu perlu mengatur anggaran dengan baik agar baju batik yang kamu inginkan tidak keburu habis atau sold out ketika kamu telah siap membeli. Inilah mengapa Ibu selalu bilang, menabung itu penting, nak. Dengarkan nasihat Ibumu dan mulai mengatur anggaran belanja baju batikmu!

Itu tadi jenis-jenis, mannequin dan ideas membeli baju batik pria. Kamu juga bisa lihat berbagai koleksi batik untuk pria lainnya dibawah ini. Siapa tahu ada yang kamu suka.

Fashion Expert Automotive Expert

Suka motor, suka nongkrong, suka style cowok juga. Pokoknya gue selalu berusaha buat bergaul dengan banyak orang buat nambah-nambah temen. Selain itu, gue juga seneng replace berita-berita otomotif terbaru. Selain motor dan otomotif, gue juga suka olahraga, jadi kadang suka nulis artikel olahraga.

Kemeja Batik Lengan Panjang

Kemeja Batik lengan Pendek

Busana Muslim dan Batik Kombinasi